Sabtu, 26 Maret 2016

3.2.3. Dialogs and Docking

Dialog and Docking adalah fitur yang disediakan oleh GIMP berupa jendela pengaturan dalam mengolah gambar, fungsi utamanya adalah untuk mengatur tampilan GIMP sehingga lebih nyaman saat digunakan, Anda dapat melakukan pengaturan pada Dialog and Docking dengan mengaktifkan menu tertentu sesuai kebutuhan.


3.2.3.1.  Organizing Dialogs

GIMP mendukung pengaturan dialog box pada layar yang fleksibel. Dialog box adalah kotak konfirmasi yang berisi suatu tool atau modus yang dapat digunakan secara khusus untuk menangani pekerjaan tertentu. Sedangkan sebuah dock adalah tempat khusus yang digunakan untuk menampung dialog box.
Secara default GIMP memiliki tiga dock, yaitu:
  • Dock Tool Options letaknya dibawah Toolbox panel sebelah kiri.
  • Dock Layer, Channels, Paths and Undo berada  di panel sebelah kanan atas.
  • Dock  Brushes, Patterns and Gradients berada di panel sebelah kanan bawah.

-
Setiap kelompok dock memiliki Tab sendiri-sendri. Jika menggunakan mode multi-window maka dialog Toolbox tidak menyatu dengan Image Display sedangkan pada mode single-window menyatu. Untuk melihat list dialog lakukan langkah berikut; arahkan kursor ke Menu Bar => klik Windows => Dockable Dialogs, maka segera tampil nama dialog yang tersedia.
Sedangkan untuk menambahkan ke docks, klik Windows => Dockable Dialogs,  kemudian pilih dan klik nama dialog yang akan ditambahkan ke jendela dock, maka secara otomatis menu tersebut ditambahkan pada kelompok Dock Layer, Channels, Paths and Undo.

Jika Anda menggunakan mode multi-window maka menu yang ditambahkan tidak otomatis menempel pada docking, untuk mengatasinya lakukan drag-and-drop menu tersebut ke docking.


Untuk menambahkan Tab pada docking secara langsung dengan otomatis pada kelompok docks lakukan langkah berikut; pilih kelompok Docks => klik tanda segitiga kecil menghadap ke kiri => pilih Add Tab, kemudian pilih menu yang akan ditambahkan (dalam contoh menambahkan menu pointer pada docking Brushes, Patterns and Gradients).


3.2.3.2.  Mengatur Tab dan Dialog pada Docks

Anda dapat mengelola Tab pada Docks senyaman mungkin sesuai selera dan kebutuhan, berikut cara mengelola tab pada docks; klik tanda segitiga kecil pada docks, maka segera muncul beberapa pilihan menu untuk mengatur tab, beberapa Tab memiliki submenu lagi.

Di bawah ini penjelasan singkat beberapa menu dan submenu yang tersedia:

Context Menu

Berisi nama singkat dari tab menu dan operasi yang yang sedang dipilih, pada beberapa tab menu terdapat submenu untuk mengelola tab.

Add Tab

Digunakan untuk menambahkan berbagai Tab baru pada Docks sesuai kebutuhan.
-

Close Tab

Digunakan untuk menghapus tab yang dipilih dari Docks.
-

Detach Tab

Digunakan untuk melepaskan atau memisahkan tab dari dock sehingga Anda dapat memindahkannya ke kelompok dock yang lain, misalnya memindahkan salah satu tab pada kelompok Dock Brushes, Patterns and Gradients ke kelompok Dock Layer, Channels, Paths and Undo, adapun cara yang digunakan adalah dengan teknik drag-and-drop.
-

Lock Tab to Dock

Digunakan untuk mengunci tab dari dock sehingga tidak dapat dipindahkan. Ketika opsi ini digunakan maka secara otomatis mematikan fungsi Detach Tab.
-

Preview Size

Digunakan untuk mengatur besar kecilnya ukuran  menu dialog dalam tab yang dipilih, tersedia banyak ukuran yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Namun fitur ini tidak tersedia untuk Tab tertentu.

Tab Style

Digunakan untuk mengatur Style suatu Tab pada dock yang dipilih, tersedia beberapa pilihan yang dapat digunakan sesuai selera.

View as List or Grid

Pengaturan ini disediakan untuk tab Brushes, Patterns, Fonts, dan beberapa tab lainnya (tidak tersedia untuk semua menu). Terdapat 2 (dua) pilihan yaitu; View as List dan View as Grid, jika memilih opsi View as List maka tampilan menu dalam tab terlihat sebagai baris dengan keterangan di samping, sedangkan jika menggunakan opsi View as Grid maka tampilannya akan kotak-kotak tanpa keterangan.

Show Button Bar

Pada beberapa dialog tertentu menyediakan tombol berupa ikon (button bar) pada bagian bawah dialog tersebut, contohnya adalah Dialog Patterns, Brushes, dan Gradients. Tombol tersebut dapat ditampilkan atau disembunyikan. Beri tanda centang pada menu Show Button Bar untuk menampilkan tombol, sedangkan untuk menyembunyikan tombol, hilangkan tanda centang.

Show Image Selection

Opsi ini hanya bekrja pada GIMP yang menggunakan mode multi-window. Jika opsi ini diaktifkan maka nama gambar akan tampil pada menu di atas  Dock Layer, Channels, Paths and Undo.


Auto Follow Active Image


-
-


Image Window 


-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar