Jumat, 25 Maret 2016

3.2.2. Image Window

Saat ini Antarmuka GIMP tersedia dalam dua mode yaitu mode multi-window dan single-window, namun saat pertama kali GIMP dijalankan maka tampilannya secara otomatis sebagai multi-window.
-
Untuk mengubah antarmuka GIMP dari mode multi-window menjadi single-window lakukan langkah berikut; arahkan kursor pada Image Menu => klik Windows => Single-Window Mode.Jika saat Anda menutup GIMP terakhir kali menggunakan mode single-window, maka secara otomatis saat menggunakannya kembali akan tampil sebagai mode single-window, begitupun sebaliknya.


Pada saat menggunakan mode single-window, maka tidak ada jendela baru yang ditambahkan jika membuka gambar baru, namun secara otomatis tab di atas image display bertambah. Dibawah ini penjelasan singkat beberapa komponen penting mengenai Image Window pada mode Single-window.
-

3.2.2.1.  Title Bar

Berisi nama dan jenis image window yang sedang aktif, ketika pertama kali membuat image window baru yang masih kosong (tanpa gambar) maka secara otomatis title bar bernama Untitled-x.x, pada aplikasi lain Title Bar kadang disebut Name File. Title Bar disediakan oleh sistem operasi, bukan oleh GIMP, sehingga tampilannya berbeda-beda sesuai tema sistem operasi yang digunakan. Title Bar secara default tersedia juga pada semua Dialog box yang sedang aktif.
-

3.2.2.2.  Main Menu

Berisi daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu, jika salah satu menu diklik maka akan muncul submenu lainnya, submenu meliputi hampir semua operasi yang dapat dilakukan pada GIMP. Image menu berada tepat di bawah Title Bar, Image Menu juga sering disebut Menu Bar.  Image Menu juga dapat ditampilkan dengan melakukan klik kanan pada Display Image, cara lainnya dapat dilakukan dengan klik Menu Button.
Berbagai perintah dengan menggunakan tombol pintas keyboard (keyboard shortcuts) juga ditunjukkan pada Image Menu. Anda juga dapat menentukan tombol pintas (shortcuts) sendiri dengan melakukan pengaturan melalui Edit => Preferences => Interface => User Interface => Keyboard  shortcuts.

3.2.2.3.  Menu Button

Digunakan untuk menampilkan Image Menu dengan cara melakukan klik pada tanda segitiga, hal ini sangat berguna jika Anda menggunakan modus layar penuh. Fitur ini juga dapat dijalan menggunakan tombol pintas pada keyboard dengan menekan tombol Shift+F10.
-

3.2.2.4.  Ruler

Ruler atau penggaris merupakan alat bantu untuk mengukur panjang/lebar image display dan koordinat gambar. Pada GIMP terdapat dua ruler yaitu horizontal dan vertical, ruler horizontal berada di sisi atas image display, sedangkan ruler vertical berada di sisi kiri image display. Unit ruler pada GIMP secara default adalah pixel, unit ruler dapat diubah melalui Units Menu. Untuk mempermudah dalam mengolah gambar ruler dapat dikombinasikan dengan garis panduan atau Guides.
-

3.2.2.5.  QuickMask Toggle

Berupa tombol kecil di pojok kiri bawah image display yang digunakan untuk beralih tampilan Image Display. Saat QuickMask aktif maka tampilan Image Display pada gambar yang tidak terseleksi berubah menjadi merah.
-

3.2.2.6.  Pointer Coordinates

Berisi keterangan posisi dan letak dari pointer atau kursor pada image display.
-

3.2.2.7.  Units Menu

Digunakan untuk mengubah unit pada ruler dan beberapa komponen lainnya. Unit standard adalah pixel, namun dapat diubah ke unit lainnya melalui menu ini, misalnya diubah menjadi inci, centimeter, feet, dan lain-lain.
-

3.2.2.8.  Zoom Button

Berisi keterangan besar dan kecilnya tampilan gambar pada display image. Anda dapat menggunakan tampilan gambar sesuai keinginan dengan cara cepat yaitu mengubah nilai pada kotak zooom yang sudah ada.

3.2.2.9.  Status Area

Letaknya di bawah image window. Status Area secara default menampilkan nama asli dari gambar yang aktif dan jumlah memori sistem yang digunakan oleh gambar.
-

3.2.2.10.  Cancel Button

Digunakan untuk membatalkan suatu operasi yang memakan waktu lama, fitur ini hanya tampil pada saat melakukan manipulasi gambar rumit, misal saat menggunakan salah satu filter untuk manipulasi gambar. Klik tombol berwarna merah yang muncul untuk membatalkan operasi yang dilakukan.
-
-

3.2.2.11.  Navigation Control

Tombol berbentuk tanda seperti salib kecil berada disudut kanan bawah image display. Klik dan tahan tombol kiri mouse pada navigation control untuk menampilkan Navigation Preview dari gambar yang aktif. Ketika menggunakan Navigation Preview maka muncul tampilan miniatur dari gambar yang sedang aktif pada display image. Gunakan Navigation Preview untuk menggeser tampilan gambar ke kiri-kanan atau atas-bawah dengan tetap menahan tombol kiri mouse. Penggunaan Navigation Preview paling nyaman digunakan untuk melihat bagian tertentu pada gambar dengan ukuran besar melebihi ukuran display image.
-

3.2.2.12.  Inactive Padding Area

Inactive Padding Area secara otomatis tampil pada saat ukuran gambar pada image display lebih kecil dari jendela gambar. Inactive Padding Area berupa ruang kosong di sekeliling image display.
-

3.2.2.13.  Image Display

Bagian utama dan paling penting pada GIMP, bagian ini berisi tampian gambar pada canvas. Letak dari Image Display berada di tengah-tengah jendela GIMP ditandai garis berwarnai kuning putus-putus sebagai batas halaman atau gambar, sedangkan bagian luar halaman berwarna abu-abu.
-

Catatan:

Beberapa komponen pada Image Window dapat disembunyikan dengan melakukan klik  View => nama komponen.
-
-
Toolbox

2 komentar:

  1. Thank you for this post, very interesting.
    I am a marketer in Grenoble (France). I use on an everyday basis Gimp and Canva.
    Gimp is not very intuitive, you need months and months of use to begin making amazing stuff with it.
    On the other side, Canva is the most intuitive photo editor ever. In 5 minutes you can create catchy images, background that do not look like an old ‘paint’ image.
    So the best combo is to modify your image with Gimp, put it in PNG format, and ‘work’ on it with Canva. Hope it will give you ideas
    Stefan
    marketer at
    http://www.bluepixelcie.com

    BalasHapus
  2. Thank you for this post, very interesting.
    I am a marketer in Grenoble (France). I use on an everyday basis Gimp and Canva.
    Gimp is not very intuitive, you need months and months of use to begin making amazing stuff with it.
    On the other side, Canva is the most intuitive photo editor ever. In 5 minutes you can create catchy images, background that do not look like an old ‘paint’ image.
    So the best combo is to modify your image with Gimp, put it in PNG format, and ‘work’ on it with Canva. Hope it will give you ideas
    Stefan
    marketer at
    http://www.bluepixelcie.com

    BalasHapus