Jumat, 25 Maret 2016

3.2. Main Window

Saat ini Antarmuka GIMP tersedia dua mode atau pilihan, yaitu; multi-window dan single window. Pada saat pertama kali GIMP dijalankan maka secara default akan tampil sebagai multi-window. Untuk mengubah mode multi-window menjadi single-window lakukan langkah berikut; arahkan kursor pada Menu Bar => klik Windows => Single-Window Mode, maka setelah jeda sejenak antarmuka GIMP berubah menjadi Single-Window Mode.
Jika menggunakan mode Multi-window maka akan terdapat dua panel (kiri dan kanan), dan jendela gambar pada bagian tengah, jika terdapat dua gambar atau lebih maka hanya yang aktif saja yang terlihat, gambar lainya akan tersembunyi di balik gambar yang aktif.

Seacara default panel kiri berisi kumpulan Toolbox dan Tool Options, sedangkan panel sebelah kanan berisi layer, channels, paths, dan undo history, dibawahnya terdapat ikon brushes, patterns, dan gradients, pada saat salah satu ikon diklik maka tampilan didalam jendela dibawahnya berubah.
  1. Toolbox: Berisi satu set tombol ikon tool atau alat utama yang digunakan untuk menggambar atau manipulasi gambar. Seacara default default bagian bawah Toolbox hanya berisi Foreground & background color, Anda dapat menambahkan ikon brush, pattern, gradient, dan ikon lainnya dengan cara klik Edit => Preferences => Toolbox, kemudian beri tanda centang disamping kiri ikon hingga berubah menjadi gambar mata.
  2. Tool options berada dibawah Toolbox, berisi jendela Tool options yang menunjukkan tool yang sedang digunakan.
  3. Image windows: Setiap Gambar yang terbuka pada GIMP ditampilkan pada jendela yang terpisah. Anda dapat membuka banyak gambar dalam waktu yang sama, namun hal ini kadang bermasalah jika komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Untuk dapat bekerja dengan GIMP Anda harus memiliki minimal satu jendela yang terbuka. Sebuah gambar kadang ukurannya lebih besar dari jendea yang aktif, jika hal ini terjadi maka GIMP akan menampilkan gambar tersebut dengan tingkat zoom yang lebih kecil sehingga semua bagian gambar dapat terlihat walau dengan resiko kurang detail. Jika Anda mengubah tingkat zoom ke 100% (ukuran normal) gunakan scroll bar untuk melihat bagian tertentu yang tidak terlihat dengan menggeser ke kanan-kiri atau atas-bawah.
  4. Layers, Channels, Paths, Undo History dock: adalah fitur penting pada GIMP untuk memudahkan pekerjaan pada saat manipulasi gambar, fitur ini berisi semua lapisan gambar yang sedang aktif, sebenarnya tanpa menggunakan fitur ini kita tetap dapat melakukan pengolahan gambar dengan mudah pada jendela utama GIMP atau image window, namun pengguna GIMP sebagian besar lebih suka menggunakan jendela ini karena lebih mudah dalam manipulasi gambar yang rumit.
  5. Brushes/Patterns/Gradients: saat menggunakan GIMP standar fitur ini menempel pada dialog box kelompok layer, fitur ini digunakan untuk mengatur brushes, patterns dan gradients.
 -
 -
 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar