Kamis, 24 Maret 2016

1. Pendahuluan

1.1.  Tentang GIMP


GIMP adalah aplikasi untuk menggambar manipulasi foto multiplatform yang artinya tersedia untuk berbagai sistem operasi. GIMP adalah akronim dari GNU Image Manipulation Program. GIMP sangat cocok digunakan untuk manipulasi gambar dari hal yang paling sederhana sampai yang rumit sekalipun, misalnya untuk mengatur warna, modifikasi bentuk, memperbaiki foto, dan lain-lain.
GIMP dapat dikembangkan dan dimodifikasi oleh siapapun, hal ini bisa terjadi karena GIMP adalah aplikasi Open Source yanga menggunakan lisensi General Public License (GPL) sehingga semua kodenya dapat pelajari. Cara paling mudah untuk memaksimalkan GIMP adalah dengan menambahkan plug-in dan extensions.
Salah satu kelebihan GIMP adalah tersedia pada berbagai sistem operasi komputer, pada sebagian besar sistem operasi GNU/Linux menyediakan GIMP sebagai aplikasi standard pengolah bitmap.

1.1.1. Pembuat dan Pengembang GIMP

GIMP versi pertam ditulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball, kemudian disusul dan dibantu oleh pengambang lainnya. Belakangan ini banyak pengembang lain yang telah memberikan kontribusi pada pengembangan GIMP, dan ribuan orang telah memberikan dukungan dan pengujian setiap rillisnya. Tim rillis GIMP saat ini dipimpin oleh Sven Neumann dan Mitch dengan beranggotakan banyak orang, yang mana tim tersebut sering disebut sebagai GIMP-Team.

1.1.2.  Bantuan GIMP

Tim Dokumentasi GIMP dan beberapa komunitas sudah menyediakan Informasi mengenai GIMP dan panduan cara menggunakannya, saat ini baru tersedia dalam format HTML yang dapat dibaca di web resmi GIMP. Dokumentasi versi HTML juga dapat Anda akses secara langsung pada saat mengunakan GIMP dengan cara klik Menu Bar => Help, atau tekan F1

1.1.3.  Fitur GIMP

Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai fitur GIMP
  • Tersedia peralatan (tool) untuk menggambar secara lengkap, misalnya; airbrush, pencil, cloning, dan lain-lain.
  • Manajemen memori berdasarkan Tile, sehingga ukuran gambar secara otomatis dibatasi pada kotak halaman yang tersedia
  • Sample Sub-pixel untuk semua alat cat (paint tool) yang berkualitas tinggi.
  • Dukungan Alpha channel secara penuh sehingga dapat berkeja dengan baik untuk melakukan transparansi.
  • Tersedia fitur Layers dan channel.
  • Prosedur database yang baik pada fungsi internal GIMP sehingga dapat menggunakan program dari luar, misalnya Script-FU.
  • Mampu untuk melakukan scripting yang rumit.
  • Multiple undo/redo.
  • Tersedia fitur transformasi yang dapat digunakan untuk rotate, scale, shear dan flip.
  • Mendukung berbagai format file, diantaranya:  GIF, JPEG, PNG, XPM, TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Terdapat beberapa tool seleksi yaitu; rectangle, ellipse, free, fuzzy, bezier dan Scan.
  • Plug-in yang dapat digunakan untuk menambahkan format file dan efek filter baru.
-

1.1.4.  Kemampuan dan Dukungan GIMP

  • Anda dapat melakukan copy-paste gambar dari GIMP ke aplikasi lain yang sama-sama mendukung teknik ini, misalnya dari GIMP ke Inkscape atau Libre Office Draw.
  • Mendukung Copy-Paste dan drag-and-drop secara langsung gambar dari URL (web). Jika saat menggunakan teknik ini tidak ada Image Window yang aktif (terbuka) maka secara otomatis akan menciptakan layer baru
  • Mendukung Pattern dengan format GtkPixbuf, misalnya pattern dengan format png, jpeg, xbm, dan lain-lain.
  • Mendukung dan mampu memuat gradient dari file SVG, palette ACT dan RIFF.
-

1.1.5.  Shortcut Editor

  • Tersedia shortcuts untuk beberapa perintah penting, sehingga penggunaan Mouse dan Keyboard dapat dikombinasikan. Anda juga dapat mengedit shortcuts yang sudah ada, kemudian menyimpannya dan digunakan sesuai kebutuhan.

1.1.6.  Plug-in Previews


1.1.7.  Real-Time Previews of Transform Operations


1.1.8.  GNOME Human Interface Guide Conformance


1.1.9.  GTK+ 2.4 Migration


1.1.10.  Basic Vector Support


1.1.11.  Interoperability and Standards Support


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini berisi Tutorial dasar penggunaan Aplikasi Grafis OpenSource berbahasa Indonesia, namun Antarmuka Aplikasi yang digunakan masih memakai Antarmuka Bahasa Inggris mengingat Antarmuka Bahasa Indonesia yang diterjemahkan Tim penerjemah BlankOn belum sempurna. Email: Manual.grafis@gmail.com