Jumat, 25 Maret 2016

3.2.1. Toolbox


Toolbox merupakan bagian utama dari GIMP, ikon pada toolbox terdiri dari beberapa kelompok diantaranya: Selection Tool, Paint Tool, Transform Tool, Color Tool, dan beberapa ikon lainnya. berikut penjelasan singkat yang disediakan oleh toolbox:


3.2.1.1.  Tool Icons

Berisi ikon yang digunakan untuk mengaktifkan berbagai alat utama dalam manipulasi gambar pada GIMP, misalnya fungsi Selecting, painting, transforming, Eraser, Clone, dan lain-lain.

3.2.1.2.  Foreground/Background colors

Berisi ikon kotak tampilan warna yang mewakili warna latar depan dan latar belakang sesuai pada berbagai alat yang sedang digunakan terutama yang berhubungan dengan pewarnaan, biasanya saat menggunakan Paints Tool.

Saat melakukan klik ikon kotak bagian atas maka akan menampilkan jendela pengaturan untuk mengubah warna latar depan sesuai keinginan, sedangkan jika melakukan klik kotak bagian bawah menampilkan jendela pengaturan untuk mengubah warna latar belakang. Jika melakukan klik pada tanda panah dipojok kanan atas kotak utama maka akan membalik susunan ikon kotak warna utama, sedangkan jika melakukan klik kotak kecil di pojok kiri bawah kotak utama maka akan mengubah warna kotak utama menjadi kembali hitam-putih.
-

3.2.1.3.  Brush/Pattern/Gradient

Digunakan untuk memilih jenis moLayers, Channels, Paths akan berubah sesuai modus yang dipilih.
Ikon kiri atas digunakan untuk memilih jenis dan ukuran Brush, misalnya Pensil, Kuas, Penghapus, dan lain-lain. Ikon kanan atas digunakan untuk memilih jenis pattern atau pola yang dapat dimasukkan ke area tertentu pada gambar. Ikon paling bawah pada kelompok ini digunakan untuk mengatur dan memilih jenis gradient saat menggambar.
de dalam menggambar berdasarkan tiga fungsi yang berbeda dengan memilih salah satunya, jika salah satu ikon diklik maka pada jendela yang menempel dibawah
-

3.2.1.4.  Active Image

Di GIMP, Anda dapat bekerja dengan banyak gambar sekaligus, tapi pada saat tertentu hanya satu gambar yang aktif di Image windows. Active Image adalah fitur di GIMP untuk menampilkan Image windows yang sedang aktif, gambar pada ikon Imge Active akan berubah sesuai Image window yang sedang dipilih, pada GIMP yang menggunakan single-window mode, klik salah satu tab gambar yang terbuka yang berada di atas Image window.
-

Catatan:

  • Secara default, ikon Brush/Pattern/Gradient dan Active Image tidak terlihat, untuk menampilkan ikon Brush/Pattern/Gradient dan Active Image, klik Edit => Preference => Toolbox => Appearance, kemudian beri tanda centang (checklist) pada Show active brush, pattern & gradient dan Show active Image.
-
-
-

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini berisi Tutorial dasar penggunaan Aplikasi Grafis OpenSource berbahasa Indonesia, namun Antarmuka Aplikasi yang digunakan masih memakai Antarmuka Bahasa Inggris mengingat Antarmuka Bahasa Indonesia yang diterjemahkan Tim penerjemah BlankOn belum sempurna. Email: Manual.grafis@gmail.com